Sains dan kemajuan bangsa

Akhir-akhir ini china mengejutkan dunia dengan kemajuan teknologi, militer dan pertumbuhan ekonominya yang pesat. Bahkan 12 januari lalu china berhasil menembakan senjata anti satelit di atas atmosfer bumi. Kira2 apa rahasianya? Ternyata salah satu kuncinya adalah pembangunan china yang melandaskan pada kemajuan sains dan teknologi. ìberbanjar menuju sains!!î demikian jargon deng xiaoping yang digencarkan sejak 30 tahun silam. Kini dengan gerak bersama seluruh elemen, china tlah menjadi raksasa baru di asia.

Sains dan teknologi merupakan salah satu pilar yang harus dikokohkan jika suatu Negara akan maju. Jika kita ingin memajukan sains dan teknologi di Indonesia, ada beberapa langkah yang harus diambil menurut saya :

1. reformasi sistem pengajaran sains dan matematika : sains seharusnya diajarkan agar siswa suka mengamati fenomena/realita alam dan terlatih untuk jeli dan mengambil kesimpulan dari realita yang ia lihat. Namun dalam prakteknya sains sering diajarkan sebagai hapalan rumus belaka. Jika sains diajarkan secara benar, maka akan terbentuk generasi yang berpikir rasional dan terlatih untuk jeli mangamati realita serta mengambil kesimpulan awal dari realita yang ia amati. Langkah pertamanya adalah peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru.

2. kebijakan pemerintah untuk lebih menghargai kaum saintis. Ilmuwan adalah profesi yang jarang menjadi cita-cita siswa. Bargain ilmuwan perlu lebih ditinggikan lagi oleh pemerintah.

3. pem-budayaan sains : saat pemerintah china berkomitmen untuk mengkampanyekan sains, tugas ini diembankan pada mentri kebudayaan dengan memanfaatkan seluruh lini media, buku dll. Hal lainya adalah menumbuhkan kompetisi sains sejak dini.

4. kerjasama 3 pihak (universitas/lembaga riset, pemerintah dan industri) : pada akhirnya teknologi terapan sains tidak terlepas dari industri. Pemerintah harus membuat regulasi untuk meningkatkan produktivitas riset universitas/lembaga riset (terutama riset yang menyangkut masalah vital Indonesia seperti ketahanan pangan dan energi) dan jaminan saling menguntungkan antara universitas, pemerintah serta pihak industri yang akan memproduksi teknologi.

5. penyiapan sumber daya manusia : lagi2 bisa kita teladani komitmen china yang sejak tahun 80an gencar mengirimkan mahasiswanya belajar keluar negeri (program cuspea) dan kini menuai hasilnya dengan ribuan profesor yang siap mendedikasikan ilmunya untuk negerinya.

6. pemberdayaan unit usaha kecil/menengah : Indonesia memiliki banyak unit usaha kecil/menengah . peran mereka perlu dioptimalkan dalam pembangunan sains dan teknologi. Contohnya adalah pembangunan industri rumah tangga biodiesel.

7. kebijakan anggaran : tidak bisa dipungkiri bahwa riset butuh dana besar. Hal inilah yang perlu pemerintah lakukan dengan menyediakan anggaran lebih untuk riset atau mengoptimalkan kerjasama saling menguntungkan dengan pihak swasta.
Kesadaran akan arti penting sains dan teknologi harus ditanamkan kepada semua elemen. Bisa kita mulai di itb ini..
-zulkaida akbar-
Vote izul for presiden km itb

Advertisements

~ by zulkaidaakbar on March 15, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: